Pidato Persuasif – Dalam sebuah acara tentu sering kita mendengar pidato, bahkan dari zaman proklamasi, pidato sudah ada. Pidato ini terbagi atas beberapa jenis, salah satunya adalah pidato persuasif.
A.Pengertian
Pidato Persuasif
Pidato
persuasif adalah jenis pidato yang disampaikan dengan tujuan mempengaruhi
pendengarnya, sehingga tertarik dengan apa yang disampaikan. Seperti pidato
kemerdekaan yang mengobarkan semangat kemerdekaan.
B.Tujuan Pidato
Persuasif
Berikut
merupakan tujuan dari disampaikan dan disusunnya pidato persuasif ini.
1.Mempunyai
topik yang telah dikuasai sehingga mampu menguraikannya
2.Menambah
kecakapan dalam berpidato.
3.Memiliki
tujuan dari apa yang disampaikan.
4.Menambah
pengetahuan baru.
5.Mempunyai
topik yang terjalin dari hubungan yang harmonis.
C.Jenis Pidato
Persuasif
Pidato
persuasif ini terbagi lagi menjadi
beberapa jenis yang akan kami uraikan sebagai berikut.
1.Pidato
persuasif dengan tujuan berdasarkan kebaikan.
2.Pidato
persuasif jenis pidato yang informatif maksudnya yang memberikan informasi.
3.Pidato
persuasif jenis pidato yang memebrikan keyakinan pada pendengar.
4.Pidato
deskriptif salah satu jenis pidato yang menggambarkan sebuah keadaan.
5.Pidato
rekreatif jenis pidato yang memeberikan hiburan kepada pendengarnya.
D.Informasi Atau
Isi Pidato Persuasif
Informasi
atau isi pidato persuasif merujuk secara keseluruhan mengenai pidato persuasif
yang disampaikan. Oleh karena itu, isi dari pidato ini harus menarik serta
memiliki manfaat yang besar untuk pendengarnya.
Informasi
atau isi pidato persuasif menyampaikan saran, ajakan, atau bujukan kepada
masyarakat atau lawan bicara utnuk menyetujui suatu gagasan yang ditawarkan
atau melakukan suatu tindakan secara sukarela.
Terkait
pidato persuasi, terdapat tiga cara yang dapat digunakan untuk memersuasi
khalayak melalui pidato persuasi. Ketiga cara tersebut adalah etika, emosi, dan
logika.
1.Etika adalah cara memersuasi yang
bertitik tolok pada adab kesopan santunan yang berlaku di masyarakat
2.Emosi adalah cara memersuasi yang bertitik
tolok pada kesatuan perasaan yang terjadi di antara orator dan pemirsa.
3.Logika merupakan cara memersuasi yang
bertitik tolok pada nalar dan cara berpikir yang obyektif.
E.Contoh
Mengidentifikasi Informasi Dan Cara Memersuasi Pidato Persuasi
Bacalah
tiga paragraf pidato persuasif berikut.
Pengusaha
yang telah berhasil meraih mimpinya merupakan orang-orang yang memiliki jiwa
muda dan mamanfaatkan kesempatan untuk mulai bertindak untuk mewujudkan mimpi
mereka dengan tujuan dapat membahagiakan keluarga dan orang terdekat meski
harus kerja keras dan menekuni usaha yang sedang dijalani.
Untuk para pencari kerja yang sudah lama menunggu panggilan dari lamaran yang telah berapa kali tak terhitung banyaknya telah dikirim, mari bangkit mulai dengan membangun lapangan kerja baru dengan mulai berbisnis.
Karena pada era sekarang ini, akan lebih baik untuk kita menciptakan lapangan pekerjaan bukan hanya menunggu pekerjaan menghampiri, boleh bekerja untuk menambah pengalaman membangun bisnis. Karena dengan berbisnis sendiri lebih menguntungkan serta lebih berpeluang memperbaiki keadaan ekonomi.
Dari
contoh kutipan pidato persuasif di atas, kita dapat mengidentifikasi informasi
yang diberikan dengan cara membuat pertanyaan “Apa yang disampaikan dalam pidato tersebut?”. Jawaban dari
pertanyaan itulah yang disebut dengan informasi dari pidato tersebut. Dari
pertanyaan itu, kita dapat tentukan jawabannya adalah memulai bertindak untuk membangun usaha.
Dengan
demikian, informasi dari kutipan contoh pidato persuasif di atas adalah sebagai
berikut.
Memulai bertindak untuk membangun usaha
Selanjutnya untuk mengidentifikasi cara memersuasi dapat kita lihat dari kata kunci yang digunakan dalam menyampaikan pidato.Memersuasi dengan cara menggunakan pendekatan etika, biasanya ditandai dengan kata kunci baik, buruk, pantas, tidak pantas, tepat, atau tidak tepat dan sejenisnya. Dengan demikian, memersuasi dengan cara pendekatan etika ada pada paragraf ketiga.
Karena
pada era sekarang ini, akan lebih baik untuk
kita menciptakan lapangan pekerjaan bukan hanya menunggu pekerjaan menghampiri,
boleh bekerja untuk menambah pengalaman membangun bisnis. Karena dengan
berbisnis sendiri lebih menguntungkan serta lebih berpeluang memperbaiki keadaan
ekonomi.
Kata lebih baik (yang berwarna merah) adalah kata kunci yang menunjukkan etika.
Untuk para pencari kerja yang sudah lama menunggu panggilan dari lamaran yang telah berapa kali tak terhitung banyaknya telah dikirim, mari bangkit mulai dengan membangun lapangan kerja baru dengan mulai berbisnis
Kata
mari bangkit (yang berwarna merah) adalah kata kunci yang menunjukkan emosi.
Pengusaha yang telah berhasil meraih mimpinya merupakan orang-orang yang memiliki jiwa muda dan mamanfaatkan kesempatan untuk mulai bertindak untuk mewujudkan mimpi mereka dengan tujuan dapat membahagiakan keluarga dan orang terdekat meski harus kerja keras dan menekuni usaha yang sedang dijalani.
Kata pengusaha yang telah berhasil meraih mimpinya merupakan (yang berwarna merah) adalah kata kunci yang menunjukkan logika.
Oleh
I Gusti Ayu Suci Wirastuti, S.Pd.
Guru Bahasa Indonesia
SMP Negeri 6 Nusa Penida
Terimakasih telah berkunjung ke halaman blog ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman yang lain dengan cara mengklik tombol share media sosial di bawah. Serta, suport kami agar bisa terus membuat artikel dan menyampaikan informasi bermanfaat untuk anda, dengan cara mengklik gambar jabat tangan di bawah
gedenata720@gmai.com(Goog
ReplyDelete